banner 728x90

OTT PUNGLI DI KEMENTERIAN PERHUBUNGAN RI TIMBANGAN TIMBANG DI SUMUT DI TUTUP

OTT PUNGLI DI KEMENTERIAN PERHUBUNGAN RI TIMBANGAN TIMBANG DI SUMUT DI TUTUP

Medan- Detektif korupsi. Hari Selasa tgl 11 Oktober 2016 terjadi Operasi Tangkap Tangan Pungli di lantai Enam Kementerian Perhubungan Republik Indonesia , yang dilakukan oleh petugas Kepolisian dari Polda Metro Jaya mengamankan 6 otang dengan barang bukti berupa uang sebanyak Rp 34 Juta dan Rp 61 Juta dan enam buku tabungan berisi uang Rp 1 Milyar dan beberapa dokumen perizinan. Pungli diduga kuat berhubungan dengan pengurusan perizinan. Informasi yang beredar menyebutkan bahwa OTT ini berdasarkan laporan dari Menteri Perhubungan sendiri.

Peristiwa ini membangkitkan hobi blusukan dari Presisen RI Joko widodo. Presiden pun langsung melakukan pemantauan kelokasi OTT. Tidak berhenti disitu saja Presiden mengeluarkan Perpres dan melantik Satgas Saber Anti Pungli. Satgas ini melibatkan LSM seperti YLKI dan ICW. Momen ini dimamfaat kan seluruh Kementerian untuk ber benah benah kedalam dengan melakukan pembersihan ninternal. Polri juga tidak luput. Beberapa anggotanya yang terlibat Pungli ditangkap. Berikut ini daftar nama nama oknum Polri yang sedang dan sudah diproses akibat melakukan praktik Pungli.

Tapi di Sumatera Utara ada yang aneh. Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara yang dikomendoi Antoni Siahaan justru menutup Jembatan timbang yang ada. Salah satu nya Jembatan Timbang yang berada di Kayu besar Tanjung Morawa. Pantauan Reporter Detektif Korupsi.com hari Rabu (26 Oktober 2016 ) diseputaran jembatan timbang ini sepi. Dimana biasanya setiap mobil pengangkut barang selalu mampir untuk melakukan pemeriksaan dan penimbangan di Jembatan Timbang ini.

“ Katanya Timbangan rusak Bang’ tu ada tulisan nya…. Ujar warga yang sedang menunggu angkutan kota didepan Jembatan timbang ini. Terlihat dipintu masuk kejembatan timbang terdapat tulisan pada spanduk ber warna kuning “ PEMBERITAHUAN JEMBATAN TIMBANG RUSAK “ HIMBAUAN

Pengemudi angkut barang dilarang membawa lebih. Dilarang memberikan suap kepada petugas UPPKB

Tepat disamping nya ada rambu lalu lintas dengan penunjuk arah dibawahnya bertuliskan : PENGALIHAN ARUS LALU LINTAS. Pada rambu tersebut ditempel pengumuman dengan tulisan :

“BAHWA UNTUK SEMENTARA WAKTU JEBATAN TIMBANG TIM- I TIDAK DAPAT BEROPERASI KARENA ADANYA KERUSAKAN PADA MONITOR.

DEMIKIAN DISAMPAIKAN ATAS PERHATIANYA DIUCAPKAN TERIMAKASIH.

Ditanda tangani oleh Pelaksana Tugas UPPKB TIM I Tertanda MS Riyadi SH Penata Muda NIP. 196210021983031006.

Menanggapi fenomena ini Kordinator Pusat lembaga Investigation Corruption Watch (ICW) Tawada Malau mengatakan :

Hal ini masuk klasifikasi aneh. Gk pernah sejarahnya Jembatan timbang ditutup untuk beberapa hari lagi…Ujarnya. ICW takut ini hanya semacam Alibi, karena 3 orang pegawai jembatan timbang Sibolangit baru baru ini ditangkap oleh petugas kepolisian dari Polresta Medan diduga karena Pungli juga…..beredar kabar Senin Tgl 1 November 2016 mulai dilakukn pemeriksaan saksi saksi. Mereka takut tu…..gak tenang bekerja….informasi yang kami terima juga menyebutkan Kadis nya Antoni Siahaan mengeluarkan surat edaran agar jembatan timbang ditutp untuk sementara. Karena menurut informasi itu pengakuan dari anggotanya yang tertangkap mengaku ada setoran yang diberikan keatasan…………….dan itu memang sudah rahasia umum….Tambah Tawada.

Dapat kita bayangkan apabila Jembatan timbangan ditutup. Tidak ditutup saja masih banyak oknum supir nakal yang membawa muatan lebih karena berfikir hanya membayar sanksi perda saja, apalagi kalau jembatan timbang ditutup sudah pasti kemerdekaan bagi oknum supir nakal.

Efeknya ke jalan……Ujar Tawada. Lagian aneh, alasan kerusakan monitor saja sampai tutup beberapa hari, jadi apakah selama ini tidak pernah rusak? Atau memang selama ini rusak makanya mereka jadi takut dengan adanya momen Pungli ini?tambah Tawada.

Memang terasa aneh juga karena kerusakan pada monitor jembatan timbang ini ditutup apakah memperbaikinya cukup lama? Apa selama ini memang sudah rusak? Publik bertanya-tanya. Triple XXX/TIM.

No Responses