banner 728x90

Mantan Camat Sumbul Ditahan Kejaksaan Dairi Terkait Dugaan Penyimpangan Raskin

Mantan Camat Sumbul Ditahan Kejaksaan Dairi Terkait Dugaan Penyimpangan Raskin

Detektif Korupsi –Mantan Camat Sumbul Monang Habeahan sekarang menjabat Sekretaris Dinas Informasi dan Komunikasi Dairi ditahan Kejaksaan Dairi terkait dugaan tindak pidana korupsi beras miskin (Raskin) Kecamatan Sumbul Tahun 2015-2016.

Monang Habeahan digiring penyidik menuju mobil tahanan, Senin (20/3) di pelataran Kejaksaan Dairi. Kasi Pidsus Wijaya mengatakan, untuk sementara tersangka ditahan 20 hari ke depan di Rumah tahanan (Rutan) Sidikalang dan sebelum ditahan, terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan kesehatan di RSU Sidikalang.

Monang yang diperiksa sejak pukul 10.00 Wib langsung dilakukan penahanan pada pukul 14.00 WIB. Hal ini merupakan panggilan kedua, panggilan pertama tersangka tidak dapat hadir, karena alasan butuh istirahat, sesuai keterangan dokter.

Disebutkannya, penggelapan uang raskin yang dilakukan tersangka sebesar Rp. 668.272.000 yang harusnya disetor ke Bulog pada tahun 2015-2016 di Kecamatan Sumbul. Monang mengakui uang tersebut digunakan untuk keperluan pribadi. “Monang mengakui uang tersebut digunakan untuk biaya-biaya tamu sewaktu menjabat camat,” ucapnya.

Menurut keterangan Monang, uang raskin tersebut diambil dari Kasi Kesra Kecamatan Sumbul pada saat itu. Seluruh kepala desa di Sumbul sudah dimintai keterangan, bahwa uang raskin dari desa sudah dibayarkan. Namun, setelah dicek ke Bulog, uang tersebut belum sampai. “Uang diambil Monang dari Kasi Kesra, setelah dibayarkan oleh kepala desa,” ucapnya.

Dari total kerugian itu, tersangka sudah membayarkan sebahagian dengan cara mencicil pada Nopember 2016 ke rekening Bulog Rp 373.015.000, pembayaran raskin tahun 2015. Dan sisa yang belum terbayarkan uang raskin tahun 2016 sebesar Rp 295.257.000.

Selama proses pemeriksaan, tersangka koperatif dan mengakui kemana uang raskin tersebut. Terkait adanya tersangka baru, tergantung dari proses pemeriksaan dan keterangan saksi nantinya. “Kita lihatlah nanti,” sebutnya. (Sumber Harian SIB B07/q)

No Responses